9 Tahun DKPP RI berkiprah dalam Menjaga Martabat Penyelenggara Pemilu

9 Tahun DKPP RI berkiprah dalam Menjaga Martabat Penyelenggara Pemilu
Flyer Ucapan Selamat HUT DKPP ke-9

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Sabtu (12/06/2021) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri khususnya menyampaikan selamat HUT untuk DKPP yang ke - 9, sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam penyelenggaraan Pemilu tentu DKPP menjadi sahabat bagi KPU berperan dalam menjaga dan mengawal penyelenggaran pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi menuturkan KPU memiliki banyak kesamaan dengan DKPP. Di mana KPU menjaga integritas, kualitas, dan keterbukaan, sedangkan DKPP menjaga integritas, kredibilitas, dan mandiri.

“Dengan masing - masing berpegang 3 prinsip tersebut Insya Allah ke depan pemilu dan demokrasi kita akan menjadi lebih baik. Selamat ulang tahun ke - 9 DKPP dan terima kasih telah bersama-sama menjaga kode etik pemilu,” tutur Ninik.

DKPP yang dikenal sebagai dewan kehormatan penyelenggara Pemilu, dahulu merupakan sebuah lembaga yang dibentuk untuk memeriksa pengaduan atau laporan adanya dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu baik itu dari KPU maupun Bawaslu hingga jajaran dibawah. Lembaga ini dibentuk berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2003 tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Pada waktu itu masih bernama dewan kehormatan komisi pemilihan umum (DK-KPU) dan pada tanggal 12 Juni 2012, DK-KPU secara resmi berubah menjadi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu yang disingkat DKPP.

Pemilihan anggota DKPP pun berasal dari unsur masyarakat, profesional dalam bidang kepemiluan dengan masa tugas per-5 tahun dengan masing-masing satu perwakilan dari unsur anggota KPU dan Bawaslu yang aktif. Tepat pada 12 Juni 2021, DKPP RI berusia 9 Tahun yang kini diketuai oleh Prof.DR. Muhammad, S.IP.,M.Si melalui laman instagram DKPP menyampaikan harapan dan do’a dalam capaian sembilan tahun kiprah DKPP di Indonesia dimana usia DKPP yang semakin beranjak matang.

“Harapan besar di pundak DKPP, semoga Insya Allah di usia yang semakin matang ini, DKPP dan seluruh jajarannya dan juga jajaran tim pemeriksa daerah (TPD) di setiap daerah semakin mampu menghadirkan demokrasi dan pelaksanaan Pemilu yang berkualitas ” ujar ketua DKPP periode 2017 - 2022 ini. (bin/pnj)