Bangun Sinergi Kehumasan dalam Bakohumas

Bangun Sinergi Kehumasan dalam Bakohumas
Webinar Rakor Bakohumas

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Melalui Kanal Youtube KPU-RI, KPU Kabupaten Kediri mengikuti Rakor Bakohumas yang bertemakan Peningkatan Peran dan Eksistensi Bakohumas KPU RI, KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU Kab/Kota. Selasa (4/5) 

Kegiatan ini menghadirkan empat narasumber yaitu Bambang Gunawan Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik KOMINFO, Ferry Kurnia Rizkiyansyah Direktur Eksekutif NETGRIT, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi Anggota KPU RI Ketua Divisi Sosdiklih, dan Sigit Joyowardono Plt Kepala Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Ketua Pelaksana Bidang Diseminasi Bakohumas KPU RI.

Dalam sambutan pembuka Ketua KPU RI Ilham Saputra menyampaikan rakor ini dilaksanakan guna menyamakan persepsi tentang Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas), diharapkan peran humas dapat dimaksimalkan dengan memanfaatkan segala SDM yang ada, baik itu secara fisik maupun media sosial.

“Bakohumas diseluruh satker KPU harus saling terintegrasi, sehingga nantinya kebijakan humas KPU RI dapat seragam. Penting kita membangun sinergitas dalam kehumasan dalam Bakohumas, baik di internal maupun dengan stakeholder,” tutur Ilham. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari masing - masing narasumber.

Narasumber Bambang Gunawan Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan Kominfo menilai paradigma kehumasan pemerintah kini telah berubah, dari paradigma lama yang reaktif, menjadi paradigma baru yang proaktif dan responsible karena itu kebutuhan SDM di bidang Kehumasan menjadi penting dan sangat dibutuhkan.

Pada kesempatan yang sama, Ferry Kurnia Riskiyansyah Direktur Eksekutif Network for Democracy and Electoral Integrity (NetGrit) menyampaikan pentingnya Memahami Proses Kehumasan yang Benar Bagi Penyelenggara Pemilu yaitu dengan membangun reputasi organisasional guna merepresentasikan eksistensi lembaga di mata publik. (pnj)