Bikin Penasaran!! Seperti apa teknologi yang diterapkan pada Pemindaian Rekapitulasi Suara Elektronik yang telah dilakukan KPU ?

Bikin Penasaran!! Seperti apa teknologi yang diterapkan pada Pemindaian Rekapitulasi Suara Elektronik yang telah dilakukan KPU ?

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Pada penggunaan aplikasi teknologi informasi di Pemilihan Serentak Tahun 2020 lalu KPU menggunakan sebuah aplikasi bernama SIREKAP. Sejumlah teknologi untuk melakukan pemindaian formulir penghitungan suara disematkan melalui aplikasi yang berbasis android untuk ponsel pintar tersebut.

Namun pernahkah kalian menyadari bahwa proses menggunakan e-rekap dari KPU itu bukan usaha semalaman saja?. Ternyata KPU telah melakukan hal ini sejak lama melalui berbagai proses kajian. Berikut ini adalah beberapa varian teknologi yang diterapkan pada e-rekap KPU dimana didalamnya termasuk kelebihan dan kekurangan penerapan teknologi tersebut.

Dalam sebuah kesempatannya Hadar Nafis Gumay,  pada seminar international Kepemiluan tersebut, diungkapkan juga bahwa proses pengiriman data ini secara gamblang disampaikan kepada para peserta sebagai berikut

Di dalam menggunakan E-Recap pada Pemilu 2024 mendatang, sebagai prasyarat agar dapat menerapkan sistem E-recap diperlukan adanya kerangka hukum yang memadai disertai dengan pengembangan infrastruktur teknologi termasuk internet yang memadai. Status ujicoba masih terus diupayakan guna keperluan analisa dan pengembangan di masa depan. (Bint)