Gelar Webinar Literasi, Bukti Komitmen KPU Jatim Tingkatkan Kualitas Demokrasi

Gelar Webinar Literasi, Bukti Komitmen KPU Jatim Tingkatkan Kualitas Demokrasi
Tangkapan Webinar Literasi Demokrasi, Kamis (10/6)

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti webinar nasional yang dilaksanakan KPU Kota Blitar. Kamis (10/6/2021). Acara bertema Literasi Demokrasi dan Launching Buku Pemilihan Serentak 2020 itu mengundang anggota dan subkoordinator yang membidangi Sosdiklih, Parmas dan SDM diseluruh satker KPU melalui sambungan zoom dengan kuota 100 peserta.

Sambutan kegiatan dibuka oleh Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, Adapun materi yang diusung adalah Komitmen KPU Jatim dalam Pengembangan Literasi Demokrasi sebagai Sumber Pendidikan Pemilih di Indonesia. Dalam penyampaianya Gogot juga mengapresiasi literasi demokrasi di lingkungan KPU Jawa Timur, dengan meningkatnya partisipasi masyarakat membuktikan pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020 di Jatim berjalan sukses.

Webinar itu turut diisi oleh beberapa narasumber dan masing - masing secara bergantian menyampaikan materinya. Diantaranya, Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Kota Surabaya, Subairi menyampaikan materi Dokumentasi Sebagai Sumber Literasi, kemudian diisambung Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Situbondo, Imam Nawawi, yang menyampaikan Literasi Demokrasi sebagai Pengetahuan dan Tanggung Jawab Intelektual Penyelenggara Terhadap Pendidikan Pemilih.

Dilanjutkan Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Trenggalek, Nurani menyampaikan Literasi Demokrasi: Landasan Historis & Ancaman Konseptual. Kemudian berikutnya Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Kota Blitar, Rangga Bisma Aditya, S.Sos, mengupas Pendidikan Pemilih Sebagai Arus Utama Peningkatan Kualitas Demokrasi dan Peningkatan Partisipasi Masyarakat Indonesia. Diakhir seminar nasional turut mengundang Totok Haryono, Anggota Bawaslu Propinsi Jawa Timur yang dihadirkan sebagai pengupas buku pemilihan yang diluncurkan. (pnj)