Donasi Keluarga Besar KPU Disalurkan untuk Bencana Alam Sulbar

Donasi Keluarga Besar KPU Disalurkan untuk Bencana Alam Sulbar
Foto : Plt. Ketua KPU RI, Ilham Saputra saat menyerahkan donasi untuk bencana Sulawesi Barat, Jum’at (19/02/2020) kemarin.

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Donasi keluarga besar Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bencana alam yang terjadi di tiga daerah pada Januari 2021, akhirnya tiba di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Jum’at (19/02/2020) kemarin.

Sebagaimana informasi yang diterima dari Hupmas KPU RI, penyaluran donasi dihadiri langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU RI Ilham Saputra.

Dilansir dari dari situs resmi KPU RI www.kpu.go.id, Ilham mengatakan bahwa kedatangannya selain ingin melihat langsung kondisi korban pascagempa juga untuk mengetahui kondisi Kantor KPU Sulbar yang mengalami kerusakan.

“KPU RI akan mencari jalan keluar atas situasi yang tidak diharapkan ini, salah satunya dengan memverifikasi kebutuhan apa saja yang bisa diberikan. Meski anggaran yang ada terbatas mengingat situasi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini,” ujarnya.

Sebelumnya kepedulian KPU se-Indonesia ini telah disampaikan kepada keluarga KPU korban longsor di Sumedang Jawa Barat dan banjir di Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Untuk diketahui total donasi yang terkumpul untuk bencana alam di Januari 2021 sebesar Rp 461 juta, dan sudah diserahkan kepada keluarga KPU terdampak longsor Jawa Barat Rp 61 Juta, banjir di Kalimantan Selatan Rp 150 Juta dan gempa bumi Sulbar Rp 250 Juta.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Sulbar, mengalami bencana alam gempa bumi yang terjadi 15 Januari 2021, mengakibatkan 105 korban meninggal dunia, ribuan orang luka-luka dan mengungsi ke tempat yang lebih aman. Dampak gempa juga merusak ribuan rumah, fasilitas kesehatan, perkantoran, hotel, jembatan dan pelabuhan. Salah satu gedung perkantoran yang terdampak gempa adalah kantor KPU Provinsi Sulbar. (hupmas/ lyn)