DP3, KPU Kediri Ikuti Pembekalan Kader DP3 Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya

DP3, KPU Kediri Ikuti Pembekalan Kader DP3 Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Selasa (12/10/2021) via kanal Youtube KPU Jawa Timur, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti acara Pembekalan Kader DP3 oleh KPU RI di Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya.

Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB dengan dihadiri oleh Komisioner KPU RI Arief Budiman, Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Anton Elfrino Trisanto dan Forkopimda, serta Lurah Semolowaru.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi menegaskan “Kedepan warga Surabaya akan melaksanakan program DP3 ini dengan penuh semangat. Kehadiran KPU ini menjadi semangat bagi Kami bagaimana menjalankan pemilu yang nyaman, adil, pemilu yang benar-benar bisa bermanfaat dan dirasakan oleh seluruh masyarakat Surabaya. Sekali lagi Surabaya siap mendukung seluruh kebijakan KPU dan Surabaya akan menjadi yang terdepan, karena bagaimanapun pemilu merupakan tujuan negara untuk memilih calon-calon perwakilan masyarakat yang terbaik baik di legislatif, kepala daerah, maupun Presiden," kata Eri

Eri Cahyadi menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada KPU RI khususnya kepada KPU Jatim dan KPU Surabaya karena telah memberikan kepercayaan pada Kota Surabaya menjadi salah satu pelopor project DP3 di Jatim ini. “Insya Allah, Kota Surabaya warganya peduli semua sama pemilu (pemilihan umum). Jadi kami di Surabaya, terutama di Kelurahan Semolowaru akan selalu siap menjadi kader terdepan dari KPU dalam menyukseskan dan mensosialisasikan pemilu,” jelas Eri.

Komisioner KPU RI Arief Budiman yang turut hadir pada acara ini turut menyampaikan bahwa demi meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu maka program DP3 diasumsikan sebagai program yang bersifat jangka panjang. Untuk sekarang ini kader pemilu mempunyai sebutan kader DP3 yang mana sebelumnya bernama kader relasi. “Kalau dulu namanya Relasi (Relawan Demokrasi) kalau sekarang namanya kader DP3. Pada Pemilu 2019 Kita merancang sosialisasi berbasis keluarga, nah hari ini karena 2024 masih jauh Kita merancang kegiatan berbasis desa/ kelurahan. Mungkin nanti tahun 2023 dan 2024 Kita akan lebih detail dan luas program berbasis keluarga,” jelas Arif.

Sebanyak 25 kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) Kelurahan Semolowaru, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya mendapatkan pembekalan pada acara ini. Arif menjelaskan bahwa sesungguhnya target kader DP3 berjumlah 514 diseluruh kabupaten/ kota di Indonesia, namun karena situasi negara sedang pandemi maka harus dilaksanakan secara bertahap.

“Tapi karena situasinya tidak memungkinkan, jadi kami menargetkan 68 kabupaten/ kota. Mudah-mudahan tahun 2022, 2023 kita bisa kembangkan lagi. Sehingga di tahun 2024, seluruh kabupaten/ kota hingga desa kita sudah bisa lakukan pelatihan kader semacam ini,” tegas Arief.