Evaluasi Di Koorwil Barat, PPK Berharap Perbaikan Aplikasi SIREKAP

Evaluasi Di Koorwil Barat, PPK Berharap Perbaikan Aplikasi SIREKAP

Reporter : Linda Estri Liyananwati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Serentak Tahun 2020 usai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri kembali menggelar evaluasi bersama di tingkat koordinator wilayah (koorwil), Senin (25/01/2020).

Sekira pukul 10.00 WIB, Evaluasi penyelenggaraan PILKADA dilaksanakan di RM Bu Eko Grogol. Evaluasi diikuti oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Koorwil Barat, yaitu Kecamatan Tarokan, Banyakan, Grogol, Semen dan Gampengrejo. Dihadiri juga oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri, Saidatul Ummah. Evaluasi dipimpin oleh Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Nanang Qosim.

Nanang Qosim menyampaikan bahwa evaluasi tersebut penting dilaksanakan untuk melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tahapan dan memberikan rekomendasi atas penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020.

“Sekali lagi evaluasi ini penting, bukan untuk mencari-cari kesalahan tetapi membuat rekomendasi untuk pemilihan selanjutnya,dimana yang sudah baik dapat dilanjutkan yang kurang dapat disempurnakan,” ujar Nanang Qosim.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri, Saidatul Ummah menyampaikan bahwa secara umum Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Kediri berjalan baik. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya pelanggaran-pelanggaran yang berarti yang dilakukan KPU Kabupaten Kediri maupun Pasangan Calon.

"Kami sangat mengapresiasi pencapaian ini, ditambah lagi tingkat parmas yang berhasil mencapat target daerah, ini adalah prestasi yang luar biasa. Dimana saat ini pemilihan diselenggarakan saat pandemi dan juga hanya satu pasangan calon," terangnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan evaluasi oleh masing-masing kecamatan. Mulai dari Kecamatan Gampengrejo, Semen, Banyakan, Grogol dan Tarokan.

"Aplikasi SIREKAP ini benar-benar membuat kami payah, aplikasi SIREKAP kurang efisien dan perlu ditingkatkan lagi. Semoga kedepan ada perbaikan," ujar Titin, Ketua PPK Kecamatan Banyakan.

Evaluasi juga dilaksanakan di empat koordinator wilayah (koorwil) kecamatan lainnya. Koordinator wilayah (koorwil) tersebut terdiri dari Koorwil Timur (Kandangan, Kepung, Puncu, Plosoklaten, Ngancar) dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi, Koorwil Utara (Pare, Badas, Plemahan, Kunjang, Purwoasri) dipimpin oleh Komisioner Agus Hariono, Koorwil Selatan (Ngadiluwih, Kras, Mojo, Wates, Ringinrejo, Kandat) dipimpin oleh Anwar Ansori, Koorwil Tengah (Ngasem, Gurah, Pagu, Kayen Kidul, Papar) dipimpin oleh Eka Wisnu Wardhana. (hupmas/ lyn)