Hadir di Acara Simulasi Nasional, Ketua KPU RI : Pemilihan Kali ini Aman dan Ramah Lingkungan

Hadir di Acara Simulasi Nasional, Ketua KPU RI : Pemilihan Kali ini Aman dan Ramah Lingkungan
Hadir di Acara Simulasi Nasional, Ketua KPU RI : Pemilihan Kali ini Aman dan Ramah Lingkungan

Reporter : Linda Estri Liyanawati 

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Dalam acara Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Aplikasi SIREKAP di Tempat pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 yang digelar KPU Kabupaten Kediri, Sabtu (31/10/2020), Ketua KPU RI Arief Budiman hadir dan memberi sambutan.

Sekira pukul 09.00 WIB, Ketua KPU RI Arief Budiman tiba di lokasi penyelenggaraan simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Aplikasi SIREKAP (Sistem e-Rekap) di Tempat pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020. Ketua KPU RI diterima oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur dan Ketua KPU Kabupaten Kediri.

Dalam sambutannya, Ketua KPU RI menyampaikan bahwa acara simulasi tersebut adalah kali kelima yang digelar untuk mewujudkan Pemilihan yang aman dan ramah lingkungan. Sebelumnya simulasi telah dilaksanakan di Kantor KPU RI, Indramayu Jawa Barat, Tangerang Selatan Banten dan Magelang Jawa Tengah. 

“Dalam Pemilihan Serentak 2020 memperhatikan keamanan dan keselamatan dari covid-19, selain petugas menggunakan APD, tiap 2 sampai 3 jam area TPS disemprot dengan desinfektan, kemudian dilanjutkan lagi. Sepanjang pemilih, penyelenggara dan peserta pemilu mematuhi protokol kesehatan tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” ujar Arief Budiman, Sabtu (31/10/2020). 

Arief, sapaan akrabnya menjelaskan, bahwa demi menghindari kerumunan massa, KPU juga mengatur waktu kedatangan pemilih secara bergiliran. Dalam form C-Pemberitahuan terdapat keterangan jam kedatangan pemilih di TPS yang berbeda memperhatikan jarak dan luas ruang TPS.

“Kemudian terkait dengan penggunaan aplikasi SIREKAP dalam penghitungan suara Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020, hal ini merupakan inovasi KPU RI untuk mewujudkan pemilihan yang cepat, efektif dan efisien,” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa jika sebelumnya KPPS perlu membuat salinan hasil pemungutan dan penghitungan, dalam sirekap ini cukup dengan memfoto hasil rekap penghitungan lalu di kirim ke pusat data KPU maka disitu secara otomatis data  sudah terekap.

“Dengan begitu tidak perlu lagi menghabiskan banyak kertas, pemilihan jadi ramah lingkungan,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa referensi terbaik penyelenggaraan demokrasi melalui pemilihan ada di Indonesia, sehingga kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga dan menjaga citra ini.

“Referensi pemilihan terbaik, pelaksanaaan demokrasi melalui pemilu yang baik ada di Indonesia,” imbuhnya.

Di akhir sambutan, Ketua KPU RI juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU Kabupaten Kediri atas kesiapannya melaksanakan simulasi Pemiliha. Ia berharap, kegiatan tersebuti tidak berhenti disini, informasi tentang acara simulasi juga disebarluaskan ke masyarakat.

“Khususnya juga melalui media, saya berterima kasih jika hal ini dikabarkan ke masyarakat, kenapa hal-hal seperti ini harus dilakukan dan bagaimana amannya  menggunakan hak pilihnya ke TPS pada tanggal 9 Desember 2020,” pungkasnya. (hupmas/ lyn)