Hadiri Undangan BAPPEDA, KPU Kediri Ikuti Rapat Penyusunan Dana Cadangan Untuk Pemilihan 2024

Hadiri Undangan BAPPEDA, KPU Kediri Ikuti Rapat Penyusunan Dana Cadangan Untuk Pemilihan 2024

Kediri, kpu-kedirikab.go.id  - Selasa (21/09/2021) Bertempat di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Kediri Ketua KPU Ninik Sunarmi dan Sekretaris Bekti Rochani mengikuti rapat guna membahas penyusunan dana cadangan guna melangsungkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri pada 2024.

Rapat yang dipimpin oleh Kepala Bappeda tersebut turut dihadiri Kepala BPKAD, Inspektorat, Satpol PP, Kesbangpol, dan Kabag Hukum Pemkab Kediri.

Ketua KPU, Ninik Sunarmi dalam kesempatan itu mengutip apa yang disampaikan Inspektorat yaitu agar pencanangan atau pembentukan dana cadangan tersebut dituangkan dalam Peraturan Daerah Pemerintah Kabupaten Kediri, karena dalam pemeriksaan nantinya, Inspektorat yang bertindak sebagai auditor akan melihat peraturan daerahnya yang dijadikan landasan pembentukan dana cadangan. 

Ninik menambahkan dalam diskusi itu KPU dituntut agar RKB yang disusun untuk pemilihan 2024 turut menyesuaikan dengan PERDA yang dibuat serta efisien terhadap besaran jumlah dana, penggunaan dana, dan mekanisme pencairan dana yang akan dipergunakan.

Mengacu pada peraturan Bank Indonesia, Inspektorat menegaskan agar dana cadangan ditempatkan pada bank umum, dan menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten Kediri untuk meminta KPU Kabupaten Kediri melakukan perhitungan secara proporsional dan profesional segala macam biaya yang akan muncul dalam Pemilihan tahun 2024. Hal ini dianggap penting sebelum dibentuknya peraturan daerah selain juga diperlukannya pengaturan untuk pendistribusian/pencairan dana cadangan. (pnj)