Hari Ini, Warga Kabupaten Kediri Gunakan Hak Pilih PILBUP 2020

Hari Ini, Warga Kabupaten Kediri Gunakan Hak Pilih PILBUP 2020
Foto : Pemilih Disabilitas sedang menggunakan hak pilihnya di salah satu TPS di Kecamatan Gurah, Rabu (09/12/2020).
Hari Ini, Warga Kabupaten Kediri Gunakan Hak Pilih PILBUP 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Akhirnya, selesai sudah penantian panjang. Setelah tahapan demi tahapan dilalui, hari ini, Rabu (09/12/2020), warga Kabupaten Kediri dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020.

Dimulai pukul 07.00 WIB, warga Kabupaten Kediri mulai berduyun-duyun mendatangi Tempat Pemungutan Suara. Dengan berbekal formulir C.Pemberitahuan.Kwk, mereka datang secara bergantian sesuai jam yang telah ditentukan. Tanpa terkecuali dalam hal ini, pemilih disabilitas datang menggunakan hak pilihnya.

Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas, Nanang Qosim menyampaikan bahwa KPU telah berupaya semaksimal mungkin untuk  melayani masyarakat selama  menggunakan hak pilih ke TPS.

"Kami sudah berusaha maksimal untuk melayani masyarakat, termasuk melalui TPS ramah disabilitas, KPU siap melayani dengan baik," ujar Nanang Qosim.

Nanang menjelaskan bahwa selama ini KPU juga telah berusaha keras untuk menggelar sosialisasi, pendidikan pemilih demi meningkatkan  partisipasi masyarakat. Sehingga menjadi hasil yang memuaskan apabila partisipasi pemilih di TPS tinggi.

"Meskipun di masa pandemi, kami berharap partisipasi pemilih tetap meningkat dari pilkada sebelumnya yang secara fluktuatif mengalami penurunan," harapnya.

Jadwal pemungutan suara berlangsung mulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB. Setelah itu dilanjutkan dengan penghitungan suara. Seluruh proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian penyebaran virus Covid-19. (Hupmas/ lyn)