Hari Pertama Rekapitulasi Suara PILBUP 2020, Diawali di Empat Kecamatan

Hari Pertama Rekapitulasi Suara PILBUP 2020, Diawali di Empat Kecamatan
Foto : Suasana Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemungutan dan Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan di Gampengrejo, Jum'at (11/12/2020)
Hari Pertama Rekapitulasi Suara PILBUP 2020, Diawali di Empat Kecamatan

Reporter : Linda Estri LIyanawati

Kediri,  kpu-kedirikab.go.id – Hari pertama pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemungutan dan Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020 berjalan lancar. Rekapitulasi diawali oleh empat kecamatan, yaitu Gampengrejo, Kandangan, Pagu dan Badas.

Hasil pantauan langsung KPU Kabupaten Kediri di kecamatan, pelaksanaan rekapitulasi tingkat kecamatan dihadiri oleh anggota KPPS, PPS, PTPS, Panwascam, Saksi dan Pemantau. Turut mengawal jalannya rekapitulasi petugas keamanan dari TNI dan Polri wilayah setempat. 

Ketua PPK Gampengrejo, Hariyanto menyampaikan bahwa pelaksanaan rekap (rekapitulasi) digelar kombinasi antara menggunakan aplikasi sirekap serta manual input dengan excel. Hal ini untuk menghindari terhentinya proses rekapitulasi apabila tiba-tiba aplikasi sirekap mengalami gangguan.

“Apabila Sirekap mengalami gangguan, maka proses rekap kita lakukan manual dengan cara menginput dalam excel, namun jadi kewajiban operator untuk tetap menginputnya dalam Sirekap,” ujar Hariyanto saat memimpin rapat pleno rekapitulasi, Jum'at (11/12/2020).

Proses rekapitulasi dimulai dengan pengambilan kotak suara di gudang logistik kecamatan yang telah disegel. Pengambilan kotak suara tersebut disaksikan oleh Panwascam dan dikawal oleh personel Polri dan TNI. Selanjutnya pembacaan rekapitulasi dilakukan oleh PPS dengan disaksikan langsung oleh KPPS.

Rekapitulasi juga tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19. Diawali dengan pemeriksaan suhu tubuh tetap menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun/ handsanitazer, keharusan jaga jarak serta pembatasan jumlah orang untuk menghindari kerumunan. 

jadwal rekapitulasi tingkat kecamatan dimulai tanggal 11 Desember yaitu Gampengrejo, Kandangan, Pagu dan Badas. Tanggal 12 Desember yaitu Ringinrejo, Kepung, Puncu, Kandat, Papar, Kunjang, Ngancar, Mojo, Semen, Ngadiluwih, Pare, Tarokan, Grogol, Banyakan, Gurah, Purwoasri, Plosoklaten, Wates, Kras dan Plemahan. Dilanjutkan hingga tanggal 13 Desember yaitu Ngasem dan Kayen Kidul. (hupmas/ lyn)