Ini dia Masterplan IT yang disiapkan untuk Digitalisasi Pemilu 2024 mendatang

Ini dia Masterplan IT yang disiapkan untuk Digitalisasi Pemilu 2024 mendatang
Surat Suara yang akan dilakukan Redesain pada 2024 mendatang.

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Pemilu 2024 memang masih lama akan bergulir, namun geliat untuk mempersiapkan secara matang mengenai penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut dari sekarang sangatlah terasa. KPU berupaya mendorong untuk menggunakan teknologi informasi (TI) pada penyelenggaraan Pemilu mendatang yang sangat kompleks.

Secara keseluruhan sistem tersebut nantinya akan diintegrasikan pada satu website, karena dengan tidak adanya integrasi, problem IT pada KPU yang sudah pernah terjadi akan kembali lagi muncul, sehingga dinilai kurang efisien karena sistem yang terpisah-pisah. Selain itu terjadinya perbedaan data setiap sistem, tidak terstrukturnya IT KPU dan kurang rapinya operator pada masing-masing sistem tersebut.

Menurut Ketua KPU RI, Ilham Saputra dengan melakukan MoU dengan Badan Siber Sandi Negara pada waktu lalu, KPU telah mengusulkan agar kedepan seluruh bentuk tanda tangan dapat diaplikasikan ke sistem digital sehingga mampu mengurangi beban penyelenggara. “KPU akan mengembangkan tanda tangan digital guna keamanan, kecepatan dan keabsahan dokumen Pemilu dan Pemilihan” ujar Ilham.

Hal ini menyikapi beban penyelenggara yang tinggi pada pemilu 2019, salah satunya dengan banyaknya dokumen yang harus ditandatangani secara manual, dimana hal ini cukup melelahkan serta menguras waktu dan tenaga.

Maka dari itu, KPU menyiapkan master plan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang teknologi informasi yang akan diterapkan pada 2021 sampai 2025 sebagai rencana pengembangan teknologi informasi yang diperuntukkan pada penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024. Masterplan IT dari KPU ini meliputi pembangunan SIDALIH (Sistem Informasi Data Pemilih) , SIREP (Sistem Informasi Rekapitulasi) pada 2021, pada tahun 2022 pengembangan SIPOL (Sistem informasi partai politik), SIDALIH, SIDAPIL (Sistem Informasi Daerah Pemilihan), SILON (Sistem Informasi Pencalonan), SILOG (Sistem Informasi Logistik), E-Tracking, SIKUM (Sistem Informasi Penyelesaian Kasus Hukum) dan SIREKAP. Pada 2023 pembangunan dan pengembangan SIDAKAM ( Sistem Informasi Dana Kampanye ) dan SIREKAP. (bint)