KPU Kabupaten Kediri Distribusikan Logistik PILBUP 2020 ke 26 Kecamatan

KPU Kabupaten Kediri Distribusikan Logistik PILBUP 2020 ke 26 Kecamatan
Foto : Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi saat memberangkatkan pendistribusian logistik, Minggu (06/12/2020).

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri,  kpu-kedirikab.go.id – Tiga Hari menuju Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mulai mendistribusikan logistik ke 26 kecamatan. Logistik didistribusikan dengan pengawalan ketat petugas POLRI dan TNI.

Hari ini, Minggu (06/12/2020), sekira pukul 08.00 WIB, dari Gudang Gogorante, KPU Kabupaten Kediri mulai mendistribusikan logistik ke kecamatan. Dengan disaksikan langsung oleh Bawaslu, Polres Kediri, Polres Kediri Kota, dan juga dari Kodim Kediri, pendistribusian diberangkatkan secara simbolis oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi. 

"Dengan mengucap bismillah, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh KPU, distribusi logistik, kotak suara, surat suara, dan kelengkapannya, hari ini diberangkatkan," ujar Ninik Sunarmi saat memberangkatkan pendistribusian logistik, Minggu (06/12/2020).

Ninik, sapaan akrabnya menjelaskan, pendistribusian logistik dilaksanakan selama dua hari, tanggal 6 dan 7 Desember 2020. Pendistribusian tanggal 6 adalah Kecamatan Plosoklaten, Purwoasri, Pare, Kras, Ngadiluwih, Kandat, Wates, Kepung, Puncu, Kandangan, Ngancar, Mojo dan Semen.

“Untuk pendistribusian besok (tanggal 7) adalah Kecamatan Badas, Kunjang, Papar, Ringinrejo, Plemahan, Gampengrejo, Kayen kidul, Gurah, Pagu, Ngasem, Banyakan, Tarokan dan Grogol,” ungkapnya.

Ninik menjelaskan bahwa pendistribusian logistik ini mendapatkan pengawalan ketat dari Polres, Polresta dan Kodim. Harapannya dalam pendistribusian ini tidak ada kendala.

"Harapan kami, tidak ada kendala berarti saat pengiriman logistik dari gudang KPU sampai ke 26 kecamatan di Kabupaten Kediri," tuturnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Kediri Kompol Didik Warsianto mengatakan bahwa POLRI bersama dengan TNI siap melakukan pengamanan dengan baik. 

“Untuk pengawalan pergeseran ini kami sudah siapkan sebanyak 46 personil anggota POLRI. Kami sudah siapkan anggota mulai dari saat Gudang dibuka hingga digeser sampai ke TPS. Kami siap all out pengamanan Pilkada 2020 yang ada di Kabupaten Kediri hingga tahapan selesai,” ucapnya.

Logistik pemilihan yang didistribusikan tersebut terdiri dari Logistik di dalam kotak, yaitu Surat Suara dan sampul kertas, tinta, segel, paku coblos, sampul kertas, karet pengikat suara, kantong plastik, formulir, tali pengikat dan alat bantu tunanetra. 

Sebelumnya KPU Kabupaten Kediri telah mendistribusikan Logistik di luar kotak, yaitu Tanda pengenal petugas TPS, lem/ perekat, bolpoint, kabel ties, spidol, stiker kotak suara, dan daftar pasangan calon. Serta Logistik Alat Pelindung Diri di TPS, yaitu masker, thermogun, handsanitazer, desinfektan, sabun cair, sarung tangan plastik dan latex, face shield, tissue, kantong plastik, tempat air berkeran, baju hazmat dan sprayer. (hupmas/ lyn)