KPU Kabupaten Kediri Gelar Bimtek Penyusunan dan Persiapan Pelaporan LPSDK

KPU Kabupaten Kediri Gelar Bimtek Penyusunan dan Persiapan Pelaporan LPSDK
KPU Kabupaten Kediri Gelar Bimtek Penyusunan dan Persiapan Pelaporan LPSDK

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar bimbingan teknis (bimtek) Penyusunan dan Persiapan Pelaporan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri dalam Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020, Selasa (13/10/2020).

Sekira pukul 10.00 WIB, dilaksanakan rakor di Hotel Front One Inn Kediri. Rakor tersebut mengundang Operator Pasangan Calon (Paslon) Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa, Liaison Officer (LO) paslon Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri.

Narasumber dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jawa Timur, M. Anas menjelaskan bahwa LPSDK merupakan pembukuan sumbangan dana kampanye yang diterima paslon setelah pembukuan LADK.

“LPSDK merupakan pembukuan  yg memuat informasi keuangan berupa seluruh penerimaan dan pengeluaran Dana Kampanye yang digunakan Paslon utk membiayai kegiatan Kampanye,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Anwar Ansori menyampaikan bahwa rakor tersebut dilaksanakan untuk memberikan pedoman kepada operator dan LO mengenai teknis pelaporan dana kampanye.

“Bimtek dilakukan untuk memberikan pedoman dalam penyusunan dan pelaporan LPSDK periode pelaporan 25 September-30 Oktober 2020, yang paling lambat dilaporkan pada 31 Oktober 2020,” ungkap Anwar Ansori.

Anwar menjelaskan bahwa Tim helpdesk KPU akan proaktif berkoordinasi dengan tim Paslon terkait dengan penyusunan laporan.

“Perlu dilakukan pengecekan terhadap laporan paslon minimal 3 hari sebelum penyampaian untuk menghindari kesalahan dalam penginputan data,” terangnya.

Dalam bimtek tersebut juga disampaikan evaluasi pelaporan laporan Awal Dana Kampanye (LADK) yang diserahkan pada Jum’at (25/09/2020) lalu. Bimtek berjalan lancar dan berakhir pukul 12.00 WIB.  (hupmas/ lyn)