KPU Kabupaten Kediri Gelar Evaluasi Tahapan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih

KPU Kabupaten Kediri Gelar Evaluasi Tahapan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih

Reporter : Linda Estri Liyananwati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar Rapat Evaluasi Tahapan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih pada Badan Adhoc dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020, Kamis (21/01/2021).

Sekira pukul 10.00 WIB, acara rapat evaluasi dilaksanakan di RM Ayam Lodho Bu Antok. Acara mengundang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih (Sosdiklih), SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) dari 26 kecamatan se-Kabupaten Kediri. Acara juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri, Saidatul Ummah.

Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kediri, Nanang Qosim menyampaikan bahwa evaluasi ini penting untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020.

“Kita berhasil menjawab keraguan publik, yang mungkin masih mempertanyakan kemampuan penyelenggara dalam pemilihan Tahun 2020 ini, sampai hari ini tidak ada laporan pelanggaran Etik penyelenggara,” ungkap Nanang Qosim.

Dalam hal sosialisasi, Nanang menjelaskan, ada beberapa inovasi yang sudah dilakukan dan ada juga yang belum, KPU Kabupaten Kediri bersama adhoc di tingkat kecamatan dan desa.

“Tentunya dengan dinamika pemilihan yang sulit, Pemilihan dengan satu pasangan calon, kita dapat menyampaikan sosialisasi dan pendidikan pemilih dengan baik dan berimbang hingga akhirnya mampu meningkatkan partisipasi masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri, Saidatul Ummah memberikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Kediri khususnya Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas.

“Kami sampaikan selamat kepada KPU Kabupaten Kediri khususnya Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas yang telah berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020, bahwa meskipun dilaksanakan saat pandemi tetap bisa mencapai target daerah,” ujar Saidatul Ummah, Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri.

Ia menyampaikan bahwa target yang tercapai ini menjadi pembelajaran dalam situasi sulit dan terjepit, yakni pemilihan dengan satu pasangan calon dan pandemi, Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas berhasil meningkatkan partisipasi pemilih.

“Terima kasih atas kerjasama dan sinergitasnya, kita sebagai penyelenggara telah sukses melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing,” tuturnya.

Evaluasi kemudian dilanjutkan dengan presentasi Laporan Evaluasi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih serta Partisipasi Masyarakat dari masing-masing kecamatan. (hupmas/ lyn)