KPU Kabupaten Kediri Gelar Pleno di Tengah Pandemi Covid-19

KPU Kabupaten Kediri Gelar Pleno di Tengah Pandemi Covid-19

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Senin (20/04/2020), siang tadi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar rapat pleno bersama pimpinan di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang masih mewabah.

Sekira pukul 14.00 WIB, KPU Kabupaten Kediri menggelar rapat pleno terkait turunnya Surat Dinas KPU RI tentang Cut Off dana Hibah dan rencana tindak lanjut KPU Kabupaten Kediri usai Keputusan Penundaan Tahapan dan Waktu Pemungutan Suara Pilkada Serentak 2020.

“Siang tadi, KPU Kabupaten Kediri melaksanakan pleno bersama. Hal ini dalam rangka menindaklanjuti Surat Dinas KPU RI nomor 353/KU.04.13-SD/02/SJ/IV/2020 tentang Cut Off Penggunaan Dana Hibah Pemilihan Serentak 2020, selain itu juga membahas beberapa kebijakan menindaklanjuti hasil keputusan penundaan pilkada serentak 2020,” ungkap Ninik Sunarmi, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Senin (20/04/2020) sore.

Ninik menyampaikan bahwa memperhatikan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) dan/ atau dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan Perekonomian Nasional serta Stabilitas Sistem Keuangan dan menindaklanjuti hasil RDP tentang Penundaan Pilkada Serentak 2020, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/ Kota yang akan menyelenggarakan Pilkada agar tidak lagi menggunakan dana hibah.

“KPU Kabupaten Kediri pun akan melaksanakan cut off anggaran atau penutupan transaksi penggunaan dana pertanggung jawaban keuangan hibah pada 30 April 2020,” terangnya.

Selanjutnya dana keuangan hibah yang belum terpakai tersebut dikembalikan ke Pemerintah Daerah dalam rangka direalokasikan untuk penanganan pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). (hupmas/ lyn)