KPU Kabupaten Kediri Monitor Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP di Tingkat PPS

KPU Kabupaten Kediri Monitor Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP di Tingkat PPS
KPU Kabupaten Kediri Monitor Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP di Tingkat PPS

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Guna menghasilkan daftar pemilih yang berkualitas, KPU Kabupaten Kediri mengadakan supervisi dan monitoring pelaksanaan kegiatan rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Pemilihan Serentak Lanjutan 2020.

Minggu (30/08/2020), Jajaran Komisioner KPU Kabupaten Kediri memonitor langsung pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi DPHP di tingkat desa oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). Monitoring tersebut dilaksanakan secara acak di tiga desa pada tiga kecamatan masing-masing koordinator wilayah (koorwil). 

Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas, Nanang Qosim, mengungkapkan bahwa kegiatan supervisi dan monitoring tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menghasilkan daftar permilih yang berkualitas.

“Selain melakukan supervisi dan monitoring, KPU turun langsung untuk memberikan pendampingan apabila terjadi masalah dalam proses pemutakhiran hingga rapat pleno rekapitulasi tersebut,” ungkap Nanang Qosim.

Sementara itu, Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Eka Wisnu Wardhana selaku yang membidangi menyampaikan bahwa rapat pleno terbuka rekapitulasi (rekap) DPHP tersebut dilaksanakan sesuai jadwal tahapan, yakni tanggal 30 Agustus - 1 September 2020.

“Rekap DPHP dilaksanakan oleh PPS setelah menerima data pemilih hasil pencocokan dan penelitian (coklit, red) dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih  (PPDP, red),” jelas Eka Wisnu Wardhana.

Wisnu menjelaskan, setelah menerima data pemilih hasil coklit PPDP, PPS dibantu PPDP melakukan penyusunan DPHP menggunakan Form A.B-KWK (Daftar Perubahan Pemilih Hasil Pemutakhiran). Kemudian PPS merekap hasil penyusunan DPHP tersebut dalam Form A.B.1-KWK.

“Setelah itu PPS melaksanakan rapat pleno terbuka mengundang PPDP, PPK dan PPL serta membuat Berita Acara mencantumkan jumlah data pemilih di wilayahnya,” tuturnya.

Usai dilaksanakan rekap DPHP oleh PPS, selanjutnya rekap DPHP akan dilaksanakan di tingkat Kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 2-4 September 2020. (hupmas/ lyn)