KPU Kabupaten Kediri Sosialisasikan PILBUP 2020 di Kecamatan Mojo

KPU Kabupaten Kediri Sosialisasikan PILBUP 2020 di Kecamatan Mojo

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri melalui PPK mengundang Kepala Desa se-Kecamatan Mojo, Minggu (01/11/2020). Undangan tersebut dalam rangka Sosialisasi Pemilihan Serentak Lanjutan, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020. 

Sekira pukul 09.00 WIB, bertempat di RM. Lodho Bu Antok Kecamatan Mojo, sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh jajaran Muspika Kecamatan Mojo, Camat, perwakilan Polsek dan Danramil, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. Hadir sebagai narasumber Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Anwar Ansori.

Acara dibuka oleh Camat Mojo, Sukemi. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa acara sosialisasi tersebut penting agar masyarakat memahami aturan dalam pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020.

“Pemilihan ini penting untuk Kediri, oleh karenanya mari kita bersama ke TPS menyalurkan hak pilih kita,” ujar  Camat Mojo, Sukemi.

Dalam sosialisasi tersebut, Komisioner Teknis Penyelenggaraan Anwar Ansori menyampaikan materi tentang regulasi Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020, Wilayah Kabupaten/ Kota dan Provinsi yang turut menyelenggarakan Pemilihan, serta Jadwal dan Tahapan Pemilihan termasuk mengulas tentang Proses Pencalonan hingga Penetapan Calon Tunggal.

“Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020 dengan calon tunggal sehingga Surat Suara menggunakan tata letak, ada Kolom Kiri dan Kolom Kanan, atau Kolom Bergambar dan Kolom Tidak Bergambar yang bisa dipilih masyarakat,” jelas Anwar Ansori.

Anwar juga menerangkan bahwa Pemilihan Serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020 tersebut dilaksanakan dengan mematuhi ketentuan protokol kesehatan Pencegahan Pengendalian Penyebaran Covid-19.

“Pemilih jangan takut datang ke TPS, seluruh petugas dibekali dengan APD sesuai protokol kesehatan. Untuk keamanan dan keselamatan, pemilih nantinya juga akan dipastikan menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan diberikan sarung tangan plastik sekali pakai,” terangnya.

Di akhir paparannya, ia mengajak kepada peserta sosialisasi untuk menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020 dengan menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat calon pemilih di lingkungannya. (hupmas/ lyn)