KPU Kediri ikuti Sosialisasi Simulasi CEE, Pembangunan Infrastruktur, dan Implementasi RTP

KPU Kediri ikuti Sosialisasi Simulasi CEE, Pembangunan Infrastruktur, dan Implementasi RTP
Sosialisasi Simulasi CEE, Pembangunan Infrastruktur, dan Implementasi RTP. Rabu (25/08)

Kediri, kpu-kedirikab.go.id -  Rabu (25/08/2021) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Sosialisasi dan Simulasi Control Environment Evaluation (CEE), Pembangunan Infrastruktur dan Implementasi RTP KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota  secara virtual yang diadakan KPU Provinsi Jatim dengan diikuti 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Acara tersebut dihadiri Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Hariono, Sekretaris Bekti Rochani, dan Subkoordinator Hukum Okie Sidharta beserta Operator SPIP.

Kegiatan yang dimulai pukul 13.00 WIB tersebut dibuka dengan sambutan oleh Ketua KPU Jatim Choirul Anam, yang menyampaikan bahwa SPIP merupakan menjadi satu bagian penting dalam konteks organisasi dan sejatinya KPU telah melakukannya, terutama pada masa tahapan Pemilihan maupun Pemilu.

“Misalkan pada tahapan yang lalu, KPU telah melakukan identifikasi permasalahan, setelahnya menyusun Standard Operating Procedure (SOP), dan kemudian ditindaklanjuti dengan berbagai langkah strategis untuk meminimalisir persoalan. Ini merupakan contoh praktik pengendalian intern pemerintah sudah berlangsung” ungkap Anam.

Lanjut Anam, Praktik CEE (Control Environment Evaluation) dalam penyelenggaraan SPIP merupakan wujud penguatan kelembagaan dimana hal ini menunjukan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) melalui penyelenggaraan kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang dapat dijadikan sebuah evaluasi dalam persiapan menyongsong Pemilu dan Pemilihan 2024.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pengarahan oleh Koordinator Hukum, Teknis, dan Hupmas KPU Jatim, sekaligus Koordinator Satgas SPIP Jatim, Yulyani Dewi mengatakan penilaian RTP menitikberatkan pembangunan logika berpikir yang tepat dalam menentukan tindak pengendalian atas risiko yang diangkat masing-masing satker. sehingga dapat mengidentifikasi risiko, analisis risiko, ranking risiko, serta peta risiko. “Alhamdulillah Laporan SPIP dari semua satker telah kami reviu sehingga didapati beberapa satker yang mampu menyusun RTP dengan baik sesuai dengan sub unsur lingkungan pengendalian,” tutupnya.

Acara sosialisasi ditutup dengan KPU Provinsi Jawa Timur memberikan penghargaan dan ucapan selamat kepada 6 (enam) KPU Kabupaten/ Kota atas hasil pengisian Rencana Tindak Pengendalian (RTP) dengan kategori baik dan diharapkan dapat melakukan pendampingan pembuatan RTP SPIP untuk KPU Kabupaten/ Kota terdekat di wilayah masing-masing. (pnj)