Launching Mata Kuliah Kecerdasan Digital, Persiapkan Digital Talent dari Anak Bangsa Untuk Generasi Indonesia 4.0

Launching Mata Kuliah Kecerdasan Digital, Persiapkan Digital Talent dari Anak Bangsa Untuk Generasi Indonesia 4.0
Launching Mata Kuliah Kecerdasan Digital. Jumat (20/8)

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Kementerian Komunikasi Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) melalui gerakan nasional literasi digital SIBERKREASI bersama Center for Digital Society (CFDS) Fakultas Sosial dan ilmu Politik UGM meluncurkan mata kuliah kecerdasan digital 2021 pada Jum’at (20/08) melalui daring zoom.

Diluncurkannya mata kuliah kecerdasan digital ini sebagai wujud program merdeka belajar, kampus merdeka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI guna mendorong pengembangan kemampuan digital khususnya literasi digital dan digital mindset.

Peluncuran perdana mata kuliah kecerdasan digital ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan sekaligus mengisi kuliah perdana kecerdasan digital. Semuel menerangkan betapa pentingnya kecerdasan digital sebagai dasar filosofi etika dalam pengembangan teknologi.

“Dalam pengembangan Kecerdasan Digital, kita juga harus memperhatikan etika sampai sejauh mana teknologi harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan” Kata Semuel.

Selain itu demi menuju generasi emas Indonesia 4.0 diperlukan anak muda yang siap untuk menguasai teknologi sesuai dengan visi Indonesia 2045 dimana Industri nanti kedepannya dibutuhkan artificial intelligence untuk menjalankan proses manufaktur yang ada hingga sistem pemerintahan elektronik dimana begitu banyak aplikasi dan data-data yang perlu dianalisa supaya dapat digunakan mengambil keputusan yang lebih cepat serta pelayanan yang prima.

Dalam sebuah literasi digital terdapat 4 kerangka pilar yang patut dilaksanakan dan membuat sebagai kebiasaan baru dalam dunia digital, diantaranya sebagai berikut:

  1. Digital Culture yakni dengan membiasakan perilaku di ruang digital melalui wawasan kebangsaan, nilai pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. 
  2. Digital Skills dimana harus dapat memahami dan menggunakan perangkat keras maupun perangkat lunak dalam meningkatkan produktivitas. 
  3. Digital Safety dimana meningkatkan kesadaran perlindungan data pribadi dan keamanan digital dalam kehidupan sehari-hari. 
  4. Digital Ethics dengan menerapkan perilaku yang mencerminkan profesionalisme, integritas dan norma kemasyarakatan di Indonesia.

Mengingat pentingnya hal tersebut, dan sebagai instansi penyelenggara Pemilu yang bersiap untuk menuju era teknologi informasi, KPU Kabupaten Kediri ikut serta mengikuti acara tersebut guna memperoleh pengetahuan dasar menuju sebuah era baru teknologi. Sehingga kelas kecerdasan digital ini sangat bermanfaat sekali. (bint)