Lindungi Data Pemilih dalam Persiapkan Pemilu 2024, KPU Teken MoU bersama BSSN dan Garuda Indonesia

Lindungi Data Pemilih dalam Persiapkan Pemilu 2024, KPU Teken MoU bersama BSSN dan Garuda Indonesia
Live Streaming Penandatanganan MoU antara KPU dengan BSSN-RI dan PT.Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Jakarta, kpu-kedirikab.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjalin kerja sama dengan dua instansi, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI serta PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Kerja sama yang dituangkan dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) ini ditandatangani langsung Ketua KPU RI Ilham Saputra, Sekretaris Utama (Sestama) BSSN RI, Syahrul Mubarak, serta Direktur Utama PT.Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Saputra yang dilaksanakan pada Rabu, (02/06/2021) pukul 14.00 WIB di Kantor KPU RI  dan disiarkan secara streaming melalui kanal Youtube KPU RI.

"Saya sangat mengapresiasi bahwa kerja sama ini adalah bentuk kerja sama antara KPU dengan lembaga-lembaga negara lain dan juga dengan BUMN, dalam hal ini garuda," kata Ketua KPU Ilham Saputra. 

Ilham menyampaikan mengingat pada Pemilu 2019 lalu bahwa aplikasi SITUNG (Sistem Informasi Penghitungan Suara) sempat diretas sebagian, bahkan pegawai biro teknis juga mengalami peretasan pada aplikasi whatsapp, maka dibutuhkan pengamanan lebih.

“Tentu ke depan, harus mengantisipasi kira-kira bagaimana kemudian para hacker ini dan gangguan sistem IT kita bisa diminimalisir. Bahkan tidak ada sama sekali,” tambah Ilham.

Ketua KPU RI tersebut menjelaskan kerjasama dengan BSSN ini berupa peningkatan perlindungan informasi dan transaksi elektronik serta peningkatan keamanan pada sistem IT KPU semakin ketat. Sedangkan kerjasama bersama maskapai penerbangan plat merah, Garuda Indonesia mampu membantu pengiriman logistik termasuk pada lokasi yang sulit diakses. Ilham berharap agar maskapai tersebut dapat berkontribusi dalam penyaluran logistik yang tepat waktu.

“Mungkin Garuda bisa membantu kami misalnya ada penerbangan khusus-lah atau bagaimana sehingga kami lebih maksimal membawa seluruh logistik kita tepat waktu,” terangnya. (bin/pnj)