Manfaatkan Peran Media Sosial dalam Menangkal Hoax

Manfaatkan Peran Media Sosial dalam Menangkal Hoax

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Selasa (9/11/2021) KPU Kabupaten Kediri mengikuti Workshop Set Up Akun Facebook KPU tahun 2021 yang diadakan oleh KPU RI. Workshop ini menghadirkan narasumber Putu Yudha Manajer Kemitraan - Pemerintah, Politik, dan Nirlaba META Asia Pacific (Facebook Indonesia) dengan peserta adalah operator website dan media sosial dari KPU/KIP Provinsi dan KPU/KIP Kab/Kota seluruh Indonesia.

Ketua KPU RI, Ilham Saputra dalam sambutanya menekankan bahwa media sosial merupakan salah satu alat dalam menangkal hoax kepemiluan, maka dari itu media sosial penting diatur sedemikian rupa untuk memaksimalkan perannya menjaga citra lembaga di mata publik.

“Media sosial harus dikelola dengan baik karena merupakan alat komunikasi yang cukup efektif kepada masyarakat,” kata Ilham.

Ilham menghimbau kepada humas KPU untuk terus mengelola informasi dengan baik mengingat publik yang semakin peka terhadap setiap pemberitaan, dimana media sosial mampu berperan dalam mengklarifikasi setiap kebenaran berita. 

“Dan yang paling penting adalah mampu menjadi sarana menangkal hoax terkait informasi kepemiluan, dimana hoax pemilu selalu muncul mendekati tahapan pemilu maupun pemilihan,” tambah Ilham.

Selanjutnya acara dilanjutkan penyampaian materi oleh Putu Yudha Manajer Facebook Indonesia yang menjelaskan hal-hal terkait pengelolaan akun Facebook lembaga dan ditutup dengan sesi tanya jawab oleh peserta dan berakhir tepat  pukul 12.00 WIB.