Menuju Pelantikan PPS Pilkada Serentak 2020, KPU Kabupaten Kediri Koordinasi ke Gugus Covid dan Bawaslu

Menuju Pelantikan PPS Pilkada Serentak 2020, KPU Kabupaten Kediri Koordinasi ke Gugus Covid dan Bawaslu

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Melanjutkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020, yakni menuju Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), KPU Kabupaten Kediri lakukan koordinasi langsung dengan Petugas Gugus Covid dari BPBD dan Bawaslu Kabupaten Kediri, Minggu (14/06/2020).

Bertempat di kantor KPU Kabupaten Kediri, sekira pukul 11.00 WIB, dilaksanakan rapat koordinasi antara KPU dan Petugas Gugus Covid dari BPBD Kabupaten Kediri. Hadir dalam rapat tersebut Petugas Gugus Covid yang juga menjabat Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kediri, Johans.

Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kediri, Nanang Qosim menyampaikan bahwa hasil dari koordinasi dengan Gugus Covid mengatur tentang ketentuan Protokol Covid-19 yang harus digunakan dalam prosesi pelantikan PPS.

“Untuk PPS yang akan dilantik di bagi beberapa titik masing-masing kecamatan dengan batas maksimal pengumpulan massa 30 orang. menggunakan protokol covid-19 diatur jarak antar peserta dan tidak boleh bersalaman dan menggunakan APD minimal, yakni masker, handsanitizer dan desinfektan,” jelas Nanang Qosi, Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kediri, Minggu (14/06/2020).

Usai menggelar koordinasi dengan Gugus Covid, KPU kemudian juga menggelar rapat koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri. Rapat dihadiri oleh Ketua KPUNinik Sunarmi, anggota Nanang Qosim, Eka Wisnu Wardhana dan Anwar Ansori serta Ketua Bawaslu, Saidatul Ummah, Ali Mashudi, Sukari dan M. Saifudin Zuhri.

Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Kediri, Eka Wisnu Wardhana menjelaskan bahwa koordinasi tersebut terkait pengaktifan kembali badan adhoc (PPK dan Sekertariat PPK) serta persiapan pelantikan PPS dan Penetapan Sekretariat PPS Pilkada Serentak 2020 yang sebelumnya dijadwalkan pada tanggal 23 September 2020 diundur menjadi 9 Desember 2020.

“Dengan diterbitkannya PKPU Nomor 5 Tahun 2020, maka akan diterbitkan kembali surat dinas dari KPU Kabupaten Kediri untuk  pengaktifan PPK dan sekertariat PPK mulai dari 15 juni 2020 sampai 31 januari 2021,” ungkap Eka Wisnu Wardhana, Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Kediri, Minggu (14/06/2020).

Wisnu, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan pelantikan PPS pada tanggal 15 juni 2020 melalui media Daring. Dimana prosesi sumpah dan pelantikan, penandatangan saksi dan pakta integritas diaksanakan di lokasi utama, kantor KPU Kabupaten Kediri dengan memperhatikan protokol covid 19 diikuti oleh titik lokasi pelantikan yang ada di kecamatan.

“Untuk tempat pelantikan masih menunggu koordinasi dengan PPK. Tempat tersebut harus layak digunakan dan minimal memiliki jaringan internet yang cukup,”

Sedangkan untuk Kesekertariatan PPS, lanjut dia, tidak perlu dilantik. Mereka hanya akan ditetapkan melalui usulan dari dari kepala desa yang kemudian ditindaklanjuti dengan SK KPU tentang kesekertariatan PPS.

“Sekretariat PPS ditetapkan menunggu usulan kepala desa dengan batas waktu sampai besok,” imbuhnya. (hupmas/ lyn)