Pleno di bulan Ramadhan, KPU RI Tetapkan Ketua Definitif

Pleno di bulan Ramadhan, KPU RI Tetapkan Ketua Definitif

Jakarta, kpu-kedirikab.go.id – Rabu (14/4/2021) menjadi sejarah baru bagi seorang Ilham Saputra melalui rapat pleno antara semua pimpinan KPU - RI telah bersepakat memilih Ilham menjadi Ketua KPU Republik Indonesia definitif.

Dikutip dari situs KPU, Ilham terpilih sebagai Ketua KPU RI definitif. Ilham sebelumnya menjabat Plt Ketua KPU setelah Arief Budiman dicopot oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Kesepakatan rapat pleno itu sesuai dengan amanah UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Pada Pasal 10 ayat 5 disebutkan Ketua KPU, Ketua KPU Provinsi dan Ketua KPU Kabupaten/Kota dipilih dari dan oleh anggota KPU.

Ilham Saputra adalah salah satu putra daerah Aceh yang terpilih menjadi Ketua Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI periode 2017-2022.Ilham yang mantan wakil ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh berhasil menempati posisi tiga besar dari 14 nama yang diajukan ke DPR. Ia terpilih bersama enam komisioner lainnya dan berhasil menyisihkan calon petahana. Komisi II hanya memilih tujuh komisioner KPU dan lima komisioner Bawaslu. 

Selama 3 bulan menjabat Plt. Ketua KPU, Ilham menjalankan amanah dengan baik dengan melakukan konsolidasi organisasi hingga ke daerah untuk meyakinkan publik bahwa KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilihan tetap netral dan profesional menjalankan tugasnya, walaupun dalam prosesnya terdapat dinamika di beberapa daerah yang melakukan pemilihan suara ulang (PSU), hal ini tak mengoyahkan marwah KPU menjadi lembaga yang tetap dipercaya dalam menyelenggarakan Pemilihan. Hal ini dibuktikan dengan terselenggaranya Pemilihan Serentak Tahun 2020 yang berjalan sukses. (pnj)