Pleno, KPU Kediri Lakukan Penyusunan RKB Pemilihan Bupati 2024 dan Rencanakan Sosialisasi Program DP3

Pleno, KPU Kediri Lakukan Penyusunan RKB Pemilihan Bupati 2024 dan Rencanakan Sosialisasi Program DP3
Rapat Pleno di Ruang Komisioner, Senin (23/8)

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Bertempat di ruang komisioner, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar rapat pleno, Senin (23/08/2021). pukul 10.00 WIB. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua KPU, Ninik Sunarmi dan dihadiri oleh Anggota Komisioner, Sekretaris, Kasubag, dan Sub Koordinator di lingkungan KPU Kabupaten Kediri.

Rapat tersebut diadakan guna menyusun Rancangan Kebutuhan Belanja (RKB) Pemilihan Bupati 2024 sesuai kesepakatan Tim Kerja Bersama (yang terdiri dari DPR, Kemendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP) dan mengacu UU 10 Tahun 2016 maka Pemilihan Kepala Daerah akan dilaksanakan kembali pada 27 November 2024, sedangkan tahapan dimulai pada awal 2022. “Maka dari itu sekarang kita harus melakukan penyusunan RKB, harapannya jika nanti RKB ini kita ajukan ke Pemda dan ternyata ada koreksi dari rancangan yang telah kita buat, kita punya cukup waktu untuk melakukan perbaikan,” tutur Ketua KPU, Ninik Sunarmi.

Sementara itu, dalam pleno tersebut Komisioner Divisi SDM, Sosdiklih dan Parmas Nanang Qosim turut menyampaikan bahwa minggu depan akan melangsungkan sosialisasi terkait instruksi KPU-RI Nomor 290/PP.06-Kpt/06/KPU/IV/2021 tentang Pelaksanaan Program Desa Peduli dan Pemilihan dengan mengundang stakeholder terkait dan 344 kepala desa se-Kabupaten Kediri.

“Tujuan yang ingin dicapai dari program ini adalah membangun kesadaran politik, mengedukasi masyarakat, menghindarkan masyarakat pada politik uang, meningkatkan kualitas partisipasi, dan membentuk kader-kader terkait penyelenggara ad hoc sehingga masyarakat desa benar-benar sadar akan pentingnya demokrasi,” kata Nanang. 

Dalam rapat tersebut disampaikan berbagai kendala-kendala yang mungkin dihadapi dalam setiap agenda yang direncanakan sekaligus diputuskan solusi yang harus diambil, harapannya agar semua proses yang dikerjakan tidak terhenti ditengah jalan dan selesai sesuai seperti yang diharapkan, pleno pun berjalan lancar dan selesai tepat pukul 12.00 WIB. (pnj)