Presiden Luncurkan Core Values, Guna Bangun Brand ASN Indonesia di Masa Depan

Presiden Luncurkan Core Values, Guna Bangun Brand ASN Indonesia di Masa Depan
Flyer Core Values, Guna Bangun Brand ASN Indonesia di Masa Depan

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Presiden Joko Widodo meluncurkan core values dan employer branding untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara daring melalui kanal Youtube pada Selasa (27/07/2021) dimana pada peluncuran tersebut bertepatan dengan Hari Jadi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang ke-62.

KPU Kabupaten Kediri menjadi salah satu satker yang mengikuti acara daring tersebut secara live melalui kanal Youtube Kemenpan-RB. Seperti yang dikatakan oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, bahwa peluncuran ini sebagai momentum transformasi ASN/PNS di seluruh Indonesia.

“Perubahan yang akan diluncurkan pada Hari Jadi Kementerian PANRB ke-62 bukan saja untuk internal Kementerian PANRB, melainkan juga terdapat perubahan besar dan mendasar untuk seluru aparatur sipil negara di Indonesia” ujar Tjahjo.

Peluncuran Core Values ini merupakan suatu terobosan yang akan menyeragamkan nilai dasar seluruh PNS/ASN dan tetap berlandaskan Pancasila sebagai dasar negara. Terdapat 6 Poin terkait Core Values yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, sebagai berikut:

  1. Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memegang teguh nilai-nilai dasar  dan semboyan yang sama;
  2. ASN harus mempunyai orientasi yang sama yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat;
  3. Otoritas dan sumber daya yang dimiliki ASN harus digunakan secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara serta menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis;
  4. ASN harus terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi, serta kemampuan beradaptasi dengan perubahan di era disrupsi;
  5. ASN juga harus meningkatkan kolaborasi lintas organisasi, daerah, ilmu, maupun profesi;
  6. ASN agar menghindari ego sektoral, ego kedaerahan, dan ego keilmuan.