Rakornas PPID KPU dan Workshop Kehumasan Sesi 1: “Urgensi Aksesibilitas Pelayanan Informasi Kepemiluan”.

Rakornas PPID KPU dan Workshop Kehumasan Sesi 1:  “Urgensi Aksesibilitas Pelayanan Informasi Kepemiluan”.

 

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Kamis (27/10/2021) via kanal youtube KPU-RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti mengikuti Rekornas PPID KPU dan Workshop Kehumasan dengan tema Urgensi Aksesibilitas Pelayanan Informasi Kepemiluan. Forum yang dilaksanakan secara virtual tersebut rencananya dilaksanakan selama 3 hari dengan jadwal pelaksanaan pada tanggal 27-29 Oktober 2021. Kamis (27/10/2021).

Dimulai pukul 15.00, workshop ini menghadirkan narasumber dari Anggota KPU RI I Dewa Kade Wirasa Raka Sandi dan Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana. 

Gede Narayana sebagai narasumber menyampaikan tentang kebijakan keterbukaan informasi publik bahwa hak atas informas tidak saja merupakan hak asasi melainkan juga hak konstitusional rakyat Indonesia. Karena itu segala informasi yang dihasilkan dalam hal penyelenggaraan negara merupakan milik rakyat. Keterbukaan akan informasi publik merupakan suatu kewajiban setiap badan publik. “Sebagai bentuk pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik, dan berfungsi sebagai kontrol masyarakat dalam mengawasi proses penyelenggaraan suatu pemerintahan”. jelas Gede.

Selanjutnya Gede juga menyampaikan tentang implementasi dan evaluasi standar layanan informasi Pemilu dan Pemilihan. Dalam hal pelayanan dan permohonan informasi melalui aplikasi dalam jaringan suatu pembaruan optimalisasi tampilan aplikasi dan website PPID yang mempermudah pemohon informasi dala mencari informasi atau memohon informasi. “Dengan menambahkan fitur-fitur baru maka akan memudahkan publik untuk mengkomodir permohonan informasi ke PPID KPU” tambah Gede.

Gede juga menyampaikan tentang inovasi dan kolaborasi. Inovasi pelayanan PPID tatap muka langsung di era pandemi covid-19 dengan menyediakan handsanitizer di depan pintu masuk ruangan PPID, selanjutnya memasang banner new normal pelayanan informasi serta memasang sekat di meja pelayanan informasi. Inovasi mengenai aplikasi PPID Mobile yang tersedia di playstore dan appstore. Saat ini layanan PPID Mobile mengalami pengembangan dan pembaruan fitur yatu bisa mengajukan form permohonan informasi dan pengajuan keberatan secara langsung melalui aplikasi. 

“Telah dalam proses pengembangan produk dan fitur-fitur terbaru agar aplikasi PPID Mobile tersedia di Appstore”. tambag Gede. Selain pengembangan dan pembaruan fitur pada aplikasi terdapat inovasi juga pada website PPID, website Sirekap, dll. 

Kolaborasi open data antar badan publik dan kolaborasi dengan stakeholder lain melalui peran Bakohumnas menjadi salah satu kunci penyebarluasan informasi kepemiluan berlangsung masif untuk mempersempit ruang hoaks atau diinformasi yang ada di masyarakat.(NA - BINT)