Satukan Persepsi, KPU Kabupaten Kediri Gelar Bimtek Simulasi Pungut Hitung PILBUP 2020

Satukan Persepsi, KPU Kabupaten Kediri Gelar Bimtek Simulasi Pungut Hitung PILBUP 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri,  kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar bimbingan teknis (bimtek) Simulasi Pemungutan dan Penghitungan (Pungtung) Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020, Rabu (11/11/2020).

Sekira pukul 10.00 WIB, bimtek digelar di Hotel Insume Palace mengundang personel lengkap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kediri. Bimtek tersebut juga dihadiri oleh anggota Bawaslu Kabupaten Kediri.

Acara dibuka oleh  Ketua KPU Kabupaten Kediri yang diwakili Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Agus Hariono. Dalam sambutannya, Agus menyampaikan bahwa bimtek Simulasi Pemungutan dan Penghitungan (Pungtung) Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020 dilakukan berjenjang di tingkat badan adhoc.

“Mengingat ada banyak ketentuan baru dalam Pemilihan 2020 yang harus dipahami oleh penyelenggara, bimtek ini penting diselenggarakan untuk meyatukan persepsi,” ujar Agus Hariono.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Anwar Ansori selaku yang membidangi tahapan menjelaskan bahwa bimtek simulasi tersebut merupakan bentuk penyempurnaan simulasi sebelumnya, yang diakui masih ada kekurangan. 

“Penyempurnaan itu penting dilakukan, agar nantinya penerapan protokol kesehatan dalam pemungutan dan penghitungan surat suara bisa berjalan lancar dan aman,” ungkap Anwar Ansori.

Usai dipaparkan penjelasan materi mengenai penggunaan aplikasi sirekap, tata cara pengisian formulir C-Hasil, dalam bimtek juga dipraktekan simulasi langsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bimtek tersebut pertama dilakukan KPU Kabupaten Kediri di tingkat Kabupaten dengan menghadirkan PPK, selanjutnya KPU Kabupaten Kediri dijadwalkan akan menggelar hal serupa di tingkat kecamatan. (hupmas/ lyn)