Sosialisasikan PILBUP 2020, Relawan Demokrasi Datangi Pemilih Disabilitas

Sosialisasikan PILBUP 2020, Relawan Demokrasi Datangi Pemilih Disabilitas
Foto : Relawan Demokrasi Basis Disabilitas, Umi Salamah saat sosialisasi di rumah Pemilih Disabilitas Kecamatan Ngasem, Selasa (20/10/2020).
Sosialisasikan PILBUP 2020, Relawan Demokrasi Datangi Pemilih Disabilitas

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri,  kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri melalui Relawan Demokrasi menyelenggarakan sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020. Sosialisasi tersebut menyentuh seluruh basis pemilih, tak terkecuali Pemilih Disabilitas.

PILBUP Kediri yang tinggal menghitung hari, menjadikan Relawan Demokrasi semakin semangat mendatangi satu per satu rumah warga yang memiliki keterbatasan fisik (disabilitas) yang telah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tahun 2020. 

“Kami mendatangi satu per satu rumah pemilih di yang memiliki keterbatasan fisik ini untuk menyampaikan informasi mengenai pelaksanaan PILBUP Kediri pada 9 Desember 2020,” ujar Umi Salamah, Relawan Demokrasi Basis Disabilitas usai sosialisasi di Kecamatan Ngasem.

Umi, dalam sosialisasi tersebut menjelaskan mengenai pilihan Kolom Kiri dan Kolom Kanan, Kolom bergambar dan Kolom Tidak Bergambar (kosong) kepada warga. Ia juga mengajak kepada warga (calon pemilih) untuk memilih menggunakan hati nurani.

“Kami ajak calon pemilih untuk datang ke TPS dan tidak golput, pilih pilihan yang sesuai dengan hati nurani,” ungkapnya.

Dalam salah satu rumah yang disasar oleh Relawan Demokrasi tersebut ada yang dihuni oleh empat kepala Kartu Keluarga (KK). Meski dengan kondisi keterbatasan fisik dan keterbatasan ekonomi, Umi mengajak agar warga tetap semangat menggunakan hak pilihnya.

“Mereka berjanji akan datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya, dengan harapan Bupati yang terpilih nanti akan lebih memperhatikan rakyat kecil dan disabilitas,” tuturnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kediri Nanang Qosim mengungkapkan bahwa untuk optimalisasi sosialisasi guna menjangkau seluruh basis pemilih, KPU telah membentuk Relawan Demokrasi. Tugas mereka membantu KPU dalam sosialisasi kepada masyarakat.

"Relawan Demokrasi ini kepanjang tanganan KPU untuk menyosialisasikan pemilihan kepada masyarakat pemilih yang tidak bisa kita jangkau. Ada 10 Basis pemilih, yaitu keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, perempuan, disabilitas, bberkubutuhan khusus, marjinal, komunitas, keagamaan dan  warga internet," terangnya. (hupmas/ lyn)