Tegaskan Prinsip Keterbukaan Informasi, KPU Serahkan Hasil Pemilu 2019 dan Luncurkan Portal Data

Tegaskan Prinsip Keterbukaan Informasi, KPU Serahkan Hasil Pemilu 2019 dan Luncurkan Portal Data

Kediri, kpu-kedirikab.go.id -  Rabu (29/09/2021) pukul 14.00 - 15.00 WIB. Via kanal Youtube KPU-RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti penyerahan hasil perolehan suara dan data pemilih terakhir Pemilu 2019 yang diberikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Partai Politik peserta Pemilu 2019.

Diawal acara Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar menyambut baik penyerahan data hasil Pemilu 2019 sebagai upaya memberikan sumbangsih bagi bangsa, khususnya dalam menyiapkan tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024. “Ini akan menjadi tantangan, karena kalau melihat capaian penyelenggara 81 persen itu melebihi capaian pembangunan nasional. Lalu bagaimana dengan 2024, apakah bisa melampaui, ini sekaligus jadi tantangan kita semua,” ujar Bahtiar.

Bahtiar menambahkan bahwa penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan 2024 akan sangat rumit, namun begitu pemerintah optimis penyelenggara pemilu dapat melaksanakan tugas konstitusi ini dengan baik. “Pilkada dengan jumlah pemilih besar juga dan diacungi jempol oleh banyak negara. Saya sendiri mendampingi Mendagri menerima duta besar dan menyampaikan apresiasi tinggi,” tambah Bahtiar.

Sementara itu, Ketua KPU RI, Ilham Saputra menyampaikan bahwa penyerahan hasil perolehan suara dan data pemilih terakhir Pemilu 2019 mengacu Pasal 14 huruf (k) Undang-Undang 7 Tahun 2017, yang mewajibkan KPU menyerahkan data hasil pemilu kepada partai politik dan pemerintah. “Data yang disampaikan berupa data hasil perolehan suara DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota dan Data Pemilih Terakhir Pemilihan Umum Tahun 2019,” ucap Ilham.

Selain menyerahkan data hasil Pemilu 2019, pada kesempatan itu Ilham juga secara resmi meluncurkan portal open data (opendata.kpu.go.id) Portal yang dapat diakses masyarakat umum ini diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses perolehan hasil Pemilu di setiap periode. (pnj)