Tiada Pelanggaran di TPS, KPU Kabupaten Kediri Berharap PILBUP 2020 Aman Hingga Akhir

Tiada Pelanggaran  di TPS, KPU Kabupaten Kediri Berharap PILBUP 2020 Aman Hingga Akhir
Foto : Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Kediri, Agus Hariono saat menyampaikan arahan pada rakor Persiapan Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan PILBUP Kediri Tahun 2020, Kamis (10/12/2020).

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Tidak adanya pelanggaran di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020 menjadikan KPU Kabupaten Kediri semakin mantap dan yakin PILBUP ini berlangsung sukses.

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Kediri, Agus Hariono menyampaikan, hingga saat ini tidak ada laporan pelanggaran yang terjadi di TPS (tempat Pemungutan Suara). Hal ini merupakan merupakan prestasi suksesnya pemilihan di Kabupaten Kediri.

“Tentunya ini datang dari hasil dari kerja keras teman-teman penyelenggara di tingkat kecamatan dan desa yang mampu menyelesaikan apabila terjadi temuan-temuan persoalan di TPS,” ujar Agus Hariono, saat menghadiri rakor Persiapan Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan PILBUP Kediri Tahun 2020, Kamis (10/12/2020).

Agus menjelaskan, bahwa pelanggaran yang paling rawan adalah pelanggaran protokol kesehatan (protkes). Namun hingga tahapan di TPS selesai tidak ada laporan pelanggaran masuk ke KPU.

“Semoga prestasi aman tidak ada pelanggaran ini benar-benar sampai akhir tahapan nanti,” harapnya.

Hal ini dibenarkan juga oleh Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Eka Wisnu Wardhana. Ia mengungkapkan bahwa Pemiliihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 ini adalah pemilihan paling sukses sepanjang sejarah pemilihan di Kediri.

“Selain tidak ada temuan pelanggaran protokol kesehatan, juga tidak ada PSU (Pemungutan Suara Ulang) di 3.311 TPS se-Kabupaten Kediri,” ungkapnya.

Kabar baik yang membanggakan, Wisnu melanjutkan, justru adanya kenaikan prosentase pada tingkat partisipasi masyarakat (pemilih) di TPS.

“Partisipasi kali ini adalah juga partisipasi tertinggi sepanjang perjalanan pemilihan. Sekali lagi kesuksesan ini untuk kita semua, semoga kita dapat menyelesaikannya hingga akhir,” tuturnya. (hupmas/ lyn)