Tingkatkan Literasi Masyarakat dengan Penyampaian Informasi secara Tepat

Tingkatkan Literasi Masyarakat dengan Penyampaian Informasi secara Tepat
Tangkapan Layar Webinar BAKOHUMAS sebagai Media Untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat.

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Melalui aplikasi zoom, KPU Kabupaten Kediri mengikuti Webinar yang diadakan oleh KPU Jateng dengan tema BAKOHUMAS sebagai Media Untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yaitu Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Kementrian Komunikasi dan Informatika RI Prof. Dr. Widodo Muktiyo,S.E, M.Com. Webinar ini diadakan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait peran media saat ini sehingga dapat mengubah cara komunikasi masyarakat dengan tetap berlandaskan prinsip kehati-hatian.

Dalam webinar ini disampaikan pentingnya sebuah komunikasi sebagai denyut pemerintah yang berfokus dalam penyampaian informasi sebagai upaya pemerintah mensejahterakan masyarakat seperti yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu komunikasi yang diarahkan untuk melindungi segenap tumpah darah dan bangsa Indonesia,mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dan komunikasi yang turut serta dalam menciptakan perdamaian dunia berdasarkan keadilan dan perdamaian abadi, dalam bingkai NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, keberagaman, dan persatuan.

Widodo dalam materinya menyampaikan bahwa bentuk komunikasi era digital saat ini telah mengalami pergeseran dari media konvensional berubah menjadi media baru (media online dan media sosial) karena itu kita harus memahami betul karakteristik media tersebut.

“Karakter media baru ini harus dipahami betul, informasi hoax yang sering kita jumpai dapat terjadi karena orang kurang memahami hal ini,” ujar beliau.

Bijak dalam bermedia sosial penting dilakukan karena secara garis besar media sosial beroperasi secara virtual / maya/ imajiner, dunia cyber selalu berubah dengan cepat, dunia maya tidak mengenal batas-batas territorial,  Orang-orang yang hidup dalam dunia maya tersebut dapat melakukan aktivitas tanpa harus menunjukkan identitasnya, dan Informasi didalamnya bersifat publik. (pnj)