Transisi SKP : Ubah Penilaian Aktivitas Menuju Sasaran Kinerja Berbasis Hasil

Transisi SKP : Ubah Penilaian Aktivitas Menuju Sasaran Kinerja Berbasis Hasil
Webinar Sosialisasi Tata Cara Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) KPU Periode I tahun 2021

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Dalam lanjutan Sosialisasi Tata Cara Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) KPU Periode I tahun 2021 oleh KPU-RI bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Jum’at (30/07/2021). 

Seperti diketahui, SKP dipergunakan untuk menilai produktivitas dan kontribusi pegawai PNS terhadap organisasi. Untuk itu sangat diharapkan dukungan dari semua personil PNS untuk membuat sasaran kerja pegawai ini sesuai dengan ketentuan yang telah ada karena di dalamnya memuat semua kegiatan tugas jabatan dan target yang harus dicapai, serta kegiatan tugas jabatan yang akan dilakukan.

 

tata cara penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai

Bidang Kepegawaian BKN, Anjar kembali menjelaskan fungsi transisi SKP ini bertujuan mengubah penilaian yang awalnya hanya diukur dari aktivitas dengan penyusunan kegiatan tugas jabatan berdasarkan tugas organisasi berganti berdasarkan kinerja yang berbasis hasil. Dengan ini diharapkan setiap PNS nantinya sudah menanamkan pada mindsetnya masing-masing bahwa bekerja tidak hanya datang, absen lalu pulang. “Tapi lebih kepada apa yang saya hasilkan pada hari ini dan apa yang harus saya lakukan untuk esok?” ungkap Anjar.

Penyusunan SKP wajib dilaksanakan dalam kerangka sistem manajemen kinerja PNS yang terdiri atas perencanaan kinerja, pelaksanaan, pemantauan dan pembinaan kinerja, penilaian kinerja, serta tindak lanjut hasil penilaian kinerja, yang dikelola dalam suatu sistem informasi kinerja dan hasil akhirnya menjadi bahan pertimbangan dalam rangka pengembangan karir, kenaikan pangkat, mutasi, promosi, pensiun dan disiplin pegawai. (pnj)