Wartawan Senior Kompas Ajari Insan KPU untuk Bercerita Dalam Tulisan

Wartawan Senior Kompas Ajari Insan KPU untuk  Bercerita Dalam Tulisan

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Rakornas PPID KPU dan Workshop Kehumasan dengan tema Penulisan Berita Jurnalistik Kelembagaan dan Kepemiluan. Forum yang dilaksanakan secara virtual tersebut rencananya dilaksanakan selama 3 hari dengan jadwal pelaksanaan pada tanggal 27-29 Oktober 2021. 

Hari ini (Kamis,28/10/2021) merupakan kelanjutan workshop dari sesi sebelumnya yang di laksanakan pukul 08.00 WIB dengan narasumber dari Wartawan Senior Kompas Antony Lee. Dalam seri kali ini Antony menyampaikan materi yang berjudul “Bercerita Lewat Tulisan”.

Antony mengungkapkan bahwa membuat suatu tulisan adalah sama saja dengan bercerita. “Komunikasi merupakan bagaimana kita mengungkapkan pesan serta bagaimana kemudian pesan tersebut ditangkap oleh audience. Penting sekali untuk kita dalam mengetahui apa yang ingin disampaikan agar mempermudah audience dalam mengetahui apa saja informasi yang ingin kita sampaikan” jelas Antony.

Pada sesi ini Antony juga membahas pentingnya menulis, jenis-jenis tulisan, tema tulisan, macam-macam cara dalam mencari ide tulisan, serta hal-hal menarik dalam KPU yang dapat diangkat sebagai bahan tulisan.

Dalam materinya Antony juga menyampaikan tentang hal dasar dalam penulisan seperti struktur penulisan yang terdiri dari judul, lead, bridging, pada tulisan, paragraf dalam tulisan, sambungan, hingga penutup.

Semua tentang jurnalistik dijelaskan oleh Antony Lee sehingga sangat memberi pengalaman dan ilmu yang berguna bagi seluruh jajaran KPU, khususnya pada KPU Kabupaten Kediri. (NA - BINT)