Wujudkan Pendidikan Pemilih Berkelanjutan, KPU Kediri Ikuti Soft Launching Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3)

Wujudkan Pendidikan Pemilih Berkelanjutan, KPU Kediri Ikuti Soft Launching Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3)
Soft Launching Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3). Jumat (20/8)

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Jum’at (20/08/2021) via zoom dan kanal Youtube KPU-RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Webinar Soft Launching Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) dengan moto “Dari Desa untuk Indonesia”. Program ini merupakan wujud dari komitmen dan tanggung jawab KPU dalam melaksanakan Pendidikan Pemilih Berkelanjutan dan Berkesinambungan.

Ketua KPU-RI, Ilham Saputra dalam sambutannya menekankan desa merupakan unit terkecil arena politik, sosial, ekonomi dan budaya yang berpengaruh kuat dalam pengembangan demokrasi. Dari desa tumbuh nilai-nilai kekeluargaan, gotong royong dan musyawarah. “Jika desa sudah mandiri dan rasional maka akan berdampak pada tingkatan yang lebih luas, kami berharap setiap pengguna hak pilih dapat memilih karena visi misi dari pasangan calon, bukan karena money politic/ hal-hal lain diluar itu.” kata Ilham.

Lebih lanjut Ilham mengatakan kegiatan ini dimaksudkan guna mendorong masyarakat pemilih untuk mandiri, cerdas, bertanggung jawab dan tumbuh kesadaran berpartisipasi aktif pada Pemilu dan Pemilihan 2024 mendatang, semoga dengan program DP3 ini KPU dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih, dan berharap masyarakat tidak hanya menjadi pengguna hak pilih, tetapi dapat menjadi pemantau, panitia badan Ad-hoc atau bahkan menjadi anggota KPU-RI selanjutnya.

Peresmian program DP3 dibuka oleh Ketua KPU-RI Ilham Saputra dan Sekretaris Jenderal KPU-RI Bernad Dermawan Sutrisno serta turut dihadiri Anggota KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Pramono Ubaid Tanthowi, Arief Budiman, Hasyim Asy'ari, Viryan dan Evi Novida Ginting Manik. 

Kegiatan yang dimulai tepat pukul 14.00 WIB tersebut menghadirkan narasumber Anggota KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Direktur Eksekutif Perludem Khoirunnisa Nur Agustyati, Sosiolog Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM Arie Sujito, Dirjen Politik dan Pemerintahan umum Kemendagri Bahtiar, serta Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendesa Sugito. (pnj)