Wujudkan PILBUP 2020 Sehat, Jajaran KPU Kabupaten Kediri Jalani Tes Swab

Wujudkan PILBUP 2020 Sehat, Jajaran KPU Kabupaten Kediri Jalani Tes Swab
Foto : Jajaran KPU Kabupaten Kediri saat mengikuti Tes Swab di RSUD Kabupaten Kediri, Selasa (24/11/2020).

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri,  kpu-kedirikab.go.id – Dalam rangka mewujudkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020 yang sehat dan aman dari Covid-19, jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menjalani Tes Swab secara dini.

Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas, Nanang Qosim menyampaikan bahwa seluruh penyelenggara Pemlihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 wajib menjalani tes cepat deteksi dini virus Covid-19. Hal ini dilakukan dalam rangka mencegah terjadinya penularan virus tersebut.

“Hal ini diatur dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non-Alam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” ujar Nanang Qosim, Rabu (25/11/2020).

Nanang mengungkapkan, guna mewujudkan PILBUP 2020 yang sehat dan aman dari Covid-19 tersebut seluruh penyelenggara harus menjalani Tes Rapid, mulai dari KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/ Kota, PPK, PPS, PPDP hingga  KPPS. Mendekati hari pemungutan suara 9 Desember 2020, jajaran KPU diwajibkan Tes Swab.

“KPU Kabupaten Kediri sudah menjalani Tes Swab di RSUD Kabupaten Kediri. Tes Swab tersebut dilakukan untuk mendeteksi dini virus Covid-19, upaya ini sebagai langkah pencegahan dan memutus rantai penyebaran virus,” ungkap Nanang Qosim.

Seperti diketahui, Tes Swab sendiri adalah tes deteksi dini virus Corona (Covid-19) melalui pengambilan sampel melalui lubang hidung atau tenggorokan. Sampel kemudian dikirim ke laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan di bawah mikroskop. (hupmas/ lyn)