Wujudkan Zona Integritas, KPU Provinsi Jatim Gelar Sosialisasi dan Bimtek Pengisian LKE

Wujudkan Zona Integritas, KPU Provinsi Jatim Gelar Sosialisasi dan Bimtek Pengisian LKE

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Senin (26/10/2021) via kanal Youtube KPU Jawa Timur, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis yang bertemakan Tata Cara Pengisian Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Serta Mekanisme Pelaksanaan Zona Integritas.

Dimulai pukul 10.00 WIB, sosialisasi ini diikuti oleh seluruh jajaran Komisioner KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur beserta Sekretaris maupun Sekretariat KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Sosialisasi ini dimulai dengan sambutan oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam, kemudian dilanjutkan pengarahan dari Sekretaris KPU Jatim Nanik Karsini. Turut hadir sebagai narasumber Inspektorat KPU RI Irwan Katili dan Morgan Dhuanovawati, serta Subkoordinator Hukum KPU Jatim Wiratmoko.

Inspektorat KPU RI Morgan Dhuanovawati sebagai pemateri, menyampaikan mengenai mekanisme penetapan Zona Integritas menuju WBK/ WBBM. Tahap pertama adalah instansi mencanangkan pembangunan ZI, instansi menetapkan satu atau beberapa unit kerja yang akan diusulkan WBK/ WBBM, penilaian mandiri (Self Assessment) oleh TPI, pengajuan revisi kepada TPN, penilaian TPN, kegiatan panel dengan ORI dan KPK, penetapan unit kerja WBK dan WBBM, evaluasi secara berkala oleh TPN (PAN dan RB, ORI, dan KPK, tahap terakhir adalah pemantauan unit kerja yang telah meraih WBK  dan WBBM.

Morgan menjelaskan bahwa unit kerja yang telah mendapatkan predikat menuju WBK/ WBBM apabila berdasarkan hasil review lapangan berkala atau verifikasi lapangan dan klarifikasi ditemukan bukti bahwa ada maladministrasi,maka secara tertulis TPN akan merekomendasikan kepada Menteri PAN RB untuk mencabut predikat menuju WBK/ WBBM pada unit tersebut.

“Unit kerja yang telah dicabut predikat menuju WBK/ WBBM tidak dapat diajukan lagi untuk mendapatkan kembali predikat menuju WBK sampai selang 2 tahun setelah penetapan pencabutan diterbitkan” tegas Morgan.

Selanjutnya Inspektorat KPU RI Irwan Katili menjelaskan secara rinci bagaimana tatacara pengisian Lembar Kerja Evaluasi (LKE) secara rinci mulai dari cara manual yaitu mengisi lewat aplikasi berformat excel sampai pengisian secara online melalui web pmpzi.mengpan.go.id. Terakhir Irwan juga berbagi tips penyusunan dokumen agar memudahkan saat pengisian LKE. (NA)